Mengatasi youtube-dl yang tidak berfungsi pada ubuntu

Awalnya saya pikir, youtube-dl tidak bisa mendownload karena sedang ada masalah pada video yang bersangkutan. maklum saja video yang selalu saya download itu berformat mp4.
Dan lebih mendukung lagi, error report yang ditampilkan adalah sebagai berikut :

Setting language
zD7BXyZWcGo: Downloading video webpage
zD7BXyZWcGo: Downloading video info webpage
zD7BXyZWcGo: Extracting video information
ERROR: unable to download video (format may not be available)

Dengan polosnya saya bilang, “Oh, formatnya ga tersedia”. lalu saya coba lagi download dari url yang berbeda, tetapi mengapa hasilnya sama?

Iseng-iseng saya coba cari solusi melalui google, hasilnya saya menemukan sebuah artikel yang membahas bangaimana mengupgrade dari versi yang lama agar bisa mendownload lagi.

Lalu saya coba menjalankan perintah berikut :
sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8
sudo apt-get update
sudo apt-get install youtube-dl

Setelah perintah diatas dijalankan, saya coba mendownload sebuah video music dari Girls Generation
youtube-dl -o snsd.mp4 http://www.youtube.com/watch?v=zD7BXyZWcGo
Dan akhirnya dapat berjalan kembali, saya pun senang.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

